Me on Facebook

Jumat, 12 Juli 2013

Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

 


Untuk menjalankan ibadah puasa memang membutuhkan stamina yang cukup. Jika tidak, puasa kali ini bisa gagal. Ingat, ada hubungan yang erat antara kesehataAnda n dan puasa. Kalau Anda sehat, maka puasa Anda akan berjalan baik dan lancar. Jika tidak, yang terjadi adalah kebalikannya.
Apa yang mesti Anda perbuat supaya puasa Anda berhasil? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda ikuti untuk memperlancar ibadah puasa Anda.
Jangan lupa makan sahur. Makan sahur sangatlah penting untuk suplai tenaga selama menjalankan puasa seharian. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan gizi selama 14 jam. Sahur menjadi penting karena pada saat itu tubuh membutuhkan asupan gizi yang memadai sehingga sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik.
Nikmati sahur dengan makanan kaya serat. Supaya Anda punya tenaga yang cukup untuk menjalankan puasa selama seharian, cobalah sahur dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, B, C dan E. Hindari makanan yang manis karena Anda akan cepat lapar di siang hari. Makanan yang manis membuat tubuh dengan cepat melepaskan insulin (insulin berfungsi memasukkan gula ke sel-sel tubuh sebagai sumber energi), sedangkan serat akan memperlambat proses pencernaan dan pengeluaran insulin. Setelah makan sahur, jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.
Minum air putih. Pada saat berbuka hingga menjelang imsak, minumlah air putih yang banyak. Pada saat menjalankan aktivitas, keringat yang keluar akan tetap banyak dan itu berarti cairan tubuh tidak mempunyai persediaan air yang cukup sehingga proses metabolisme terhambat, peredaran darah dan pencernaan menjadi kurang lancar. Oleh karena itu, usahakan untuk minum minimal delapan gelas air putih sebelum menjalani puasa esok hari.
Tetap berolahraga. Sekalipun Anda tidak makan dan minum, Anda mesti tetap berolahraga karena aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran proses peredaran darah dan untuk membakar kalori. Prinsipnya, tubuh tetap bergerak supaya sel-sel tubuh bekerja secara lebih efisien.
Berbukalah tepat pada waktunya. Tubuh sebaiknya segera diisi setelah seharian”kosong” dan energi tubuh harus segera dipulihkan. Tubuh membutuhkan asupan makanan yang memadai supaya sel-sel dan otot-otot kembali menjalankan fungsinya dengan baik.
Berbukalah secara bertahap. Mulailah berbuka dengan minuman hangat dan manis. Jangan minum air dingin, minuman soda atau air es karena akan memperbanyak asam lambung sehingga pecernaan tidak berfungsi secara normal. Setelah itu, istirahatlah 1 jam sebelum menyantap hidangan “berat” agar lambung tidak bekerja terlalu berat.
Mengendalikan emosi. Anda pasti tidak mau puasa Anda batal hanya karena persoalan kecil kan? Usahakanlah agar emosi Anda tertata baik setiap hari selama bulan Ramadhan. Jika emosi Anda tertata baik, maka Anda tidak akan mudah membatalkan puasa.
Selamat berpuasa!
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...